Selasa, 05 Juli 2011

0

Stress dan Marah adalah Respon (Versi BDE)

Posted in
Dua hal yang berbeda dengan mirip-mirip artinya,tetapi cenderung orang mengatakan bahwa "Stress" adalah "Marah", menurut saya ini adalah dua bentuk keadaan yang sering di hadapi oleh setiap orang baik pada waktu yang sama atau waktu yang berbeda, maksud saya kalau seseorang marah bukanlah seseorang sedang mengalami stress akan tetapi kalau Stress seseorang tersebut akan cenderung sensitif untuk marah.
Kita coba perhatikan kita sendiri atau seseorang ketika marah,seseorang akan terasa darah dalam nadi dipacu seolah-olah mengalir dengan deras dan otot-otot serta syaraf tubuh terasa tegang dan kaku,kemudian suhu tubuh terasa hangat,seluruh anggota tubuh di pacu untuk melakukan pekerjaannya untuk merespon tekanan dari luar. Sikap-sikap lain yang dapat kita lihat pada saat orang marah adalah suka meludah ada semacam rangsangan otak yang memerintahkan untuk meludah,berkata-kata sendiri(Ngomel,Memaki dsb),gemetar,sikap menolak yang lebih dominan.
Jadi sepanjang saya mengamati kalau orang dalam keadaan marah seperti apa !!!
Saya coba artikan sendiri :
@>Marah adalah salah satu sikap anggota tubuh merespon tekanan yang dibebankan ketika menerima sebuah keadaan dari luar tubuh atau lingkungan yang tidak sama dengan keinginan atau kebutuhan. 
@>Stress adalah respon anggota tubuh atas beban kerja anggota tubuh dalam menerima tekanan keadaan dari luar tubuh atau lingkungan yang lebih atau kurang dari kapasitas dan kebutuhan.

Sepintas mirip artinya beda marah mengandung ketidak sesuaian,Sedang stress adalah sesuatu yang lebih  atau kurang yang diterima sehingga terjadi respon.
Ada beberapa bentuk respon yang saya artikan Stress :
Emosi lebih kurang seperti marah(benci,tidak suka)
Ketawa respon terhadap rasa geli ( geli otak dan geli pikiran)
Sedih respon terhadap perasaan (kekecewaan,kegagalan,dll)
Menangis respon rasa (bahagia,terharu,sakit dll)
Senang respon kepuasan(Bahagia,Gembira,ketercapaian,dll)
Perubahan diri pada saat mengalami Stress ditandai dengan terjadinya Lapar sebelum waktunya,Buang air besar encer,keluar air mata keringat dingin,berliur dan ingusan(biasa ketika menangis),sakit kepala dan panas dingin suhu tubuh.
Setiap orang punya bentuk dan cara tersendiri merespon sebuah tekanan keadaan lebih atau tidak sesuai dari luar dengan apa yang dirasakan sehingga dapat dikatakan respon yang terjadi Stress atau Marah. Stress sering terjadi dan muncul dalam kehidupan seseorang misalanya tidak lulus sekolah atau sebaliknya bila lulus atau terjadi kehilangan sesuatu,apabila suatu keadaan sebuah benda yang hilang respon emosi dalam melakukan pencarian, kalau sesorang yang hilang responnya sedih atau menangis ,mendapat kerjaan jadi senang dsb Banyak keadaan-keadaan yang terjadi dari luar tubuh yang dapat memberi tekanan pada anggota tubuh sehingga menghasilkan beberapa bentuk Stress diatas.
Timbul beberapa pertanyaan :
Apakah Stress adalah sebuah bentuk dari sebuah penyakit ?
Saya : Stress bukan sebuah penyakit
Apakah marah adalah bentuk dari kejiwaan seseorang ?
Saya : Itu Juga Bukan,Marah adalah salah satu bagian dari stress
Apakah Stress dan Marah adalah sama
Saya : tidak sama,beda sekali
Beberapa akibat yang disebabkan stress adalah dapat dijadikan oleh sebagian orang adalah Profil anda.
Misalnya : gagal mencari kerja jadi pesimis dikatakan pemalas,gagal dalam berpacaran jadi benci dikatakan pembenci,tidak lulus ujian atau tidak naik kelas jadi bodoh jadi dianggap bodoh, geli jadi mudah ketawa jadi murah senyum,Senang jadi periang,bahagia jadi menangis(kelebihan) emosi menjadi pemarah
Selebihnya anda boleh cari sendiri atau menolak pandangan ini,tetapi itulah BDE dengan yang di milikinya, versi anda bagaimana!!!

0 komentar: