Selasa, 05 Juli 2011

1

Lima Perilaku dalam Masyarakat Kita

Posted in
Memang sangat ironi sekali melihat dari dekat kehidupan masyarakat pekerja di perusahaan ini,saya melihat perilaku-perilaku ini saat mereka bersentuhan dengan kebutuhan kehidupan atau dalam hal mempertahankan diri dalam kehidupa,supaya tetap berjalan normal sesuai dengan yang diharapkan. Pola dan cara dari masing-masing orang berbeda,dalam perusahaan, saya melihatnya ada Lima kelompok Perilaku yang sangat dominan dapat mempengaruhi sistim dan tatanan dalam bekerja,sehingga terganggunya aturan dan hukum yang berlaku dalam perusahaan ini : Adapun Lima orang yang dapat saya gambarkan SBB :
1.Ambitions(Ambisi) Adalah sekelompok orang yang AMBISI Perilaku Kelompok ini cenderung agresive,pandai mencari celah atau membuat celah supaya bisa muncul ke permukaan,keinginan minimal dari kelompok ini adalah sejajar dan tidak ingin dikalahkan dalam beberapa hal, keberaniannya cukup tinggi tetapi cenderung melupakan pekerjaannya yang sesungguhnya,selalu merasa mampu dalam mengerjakan pekerjaan orang lain tetapi pekerjaannya sendiri masih berantakan karena kepandaiannya dalam berbicara mengaburkan yang lain,Sopan santun dan tatakrama hanya lisptik saja tiada yang tulus.dikenal orang dengan menumpang pada orang-orang terkenal. keinginan yang ingin dicapai kelompok ini diantaranya Jabatan,kedekatan dengan penguasa,Uang,Pekerjaan2 proyek,mengahabisi lawan karirnya,orang tunduk pada orang ini. kesinambungan dalam kehidupan dan sosial kemasyarakatan dengan mengahapus yang lainnya apabila berada dijalannya. Gambar yang sering dijadikan trend oleh teman-temannya Gambar Anjing,Serigala,Buaya dan lain2 yang punya kemiripan sifat
2.Self Defense and Fight(Bertahan dan Melawan) Adalah Perilaku sekelompok orang mempertahankan diri memenuhi kebutuhan. Beberapa orang ingin kesinambungan dalam kehidupan diantaranya penghasilan jalan terus,asap dapur tetap ada,cita-cita keluarga tercapai dan di lain pihak pingin karirnya jalan terus sperti naik jabatan,naik golongan,naik gajih,dekat dengan atasan,seperti biasanya. Perilaku ini akan menerobos dan bersifat melawan ketika membutuhkan atau ketika kelompok ini terganggu oleh orang-orang yang ambisi atau terus beulang dihianati,keadaan perilaku orang orang dalam kelompok ini cenderung tenang dan selalu santai, selalu melihat peluang dan ruang yang tersedia dan mengukurnya apakah dapat dilewati atau tidak, keterbukaan peluang sangat dijadikan ukuran dan hitungan yang matang dalam membuat sebuah keputusan(tidak tergesa-gesa). Dalam Masyarakat umum orang ini selalu menjaga sopan santun dan tingkah lakunya tidak semua orng menyukainya tapi selalu di sukai pada saat tertentu. Gambar yang sering dijadikan trend bagi orang ini adalah Singa,Harimau dan Elang.
3.Watch dan Applaud(Menonton dan Memanaskan) Perilaku yang hanya menonton saja dan sekali-sekali memberikan dorongan semangat dengan keras tetapi sesungguhnya orangnya penakut,ada penilaian yang mereka beri tetapi tidak diketahui orang karena orang ini cuma bicara pada orang tertentu atau dalam bukunya saja. Kemampuan dalam menanggapi kehidupan bermasyarakat sangat bagus dengan orang yang berprilaku ini tetapi perlu dorongan untuk dapat mengeluarkan ide-ide cemerlang dari dalam dirinya. kemampuan adaptasi dari orang -orang yang berperilaku ini menjadikan cukup dikenal oleh orang yang ada di nomer satu dan dua di atas.prilaku ini cenderung untuk merasa berjuang walaupun hanya dengan menonton dan bertepuk tangan ketika melihat yang lain maju atau mundur dalam pekerjaan/carriernya. Saya gambarkan untuk orang yang ada dalam perilaku ini : Ayam, Kambing,dan KUcing
4.Observers and Coment(Komentator) Prilaku yang hanya bisa mengamati saja atau memberikan komentar saja walaupun untuk meluruskan dari yang di komentnya tidak bisa.orang-orang yang ada dilevel ini adalah secara teori adalah orang-orang pintar dan hanya sedikit saja yang bisa mempraktekan apabila diminta untuk berkomentar begitu enjoy saja untuk menjelaskannya,penduduk terbesar di masyarakat kita adalah orang yang berada di kelompok yang memiliki perilaku komentator. Memberikan komentar dan melakukan pekerjaan diluar jangkauan dengan mengharap dari segala arah akan datang membawakan sebuah solusi dan pekerjaan untuknya itulah ketika orang yang berada dilevel ini, dan ketika semua itu tidak tercapai akan memberikan sejuta alasan dan mendapatkan pelaku-pelakunya yang tidak benar sementara hal itu ada dalam lingkaran tanggung jawab sendiri, Debat kusir menjadi hal yang menyenangkan dan sesuatu yang sangat ditunggu untuk dapat ikut memberi komentar walaupun hasil ahir nihir akan tetap menjadi kebanggaan bila dapat melakukan hal itu.
5.General Behavior(Perilaku Umum) Perilaku Umum dapat terbagi dua adalah :
1.Konvesional adalah menerima sesuatu perubahan di lingkungan terhadap efek perkembangan dengan biasa-biasa saja sesuai alur normatifnya dan tuntutan masa depan sangat menjadi perhatian.
2.Situasional adalah orang yang lebih cenderung memperhatikan sesuatu berdasarkan kebutuhan saat ini,seperti apa keadaan nyasaat itu akan diatur strategi untuk menghadapinya.

1 komentar: