Minggu, 05 Juni 2011

0

Ba'a Ra Base Apakah Budaya Orang Dompu dan Bima

Posted in
Sebagian ibu-ibu mengatakan ini adalah kebiasaan jelek,Ada sebagiannya lagi mengatakan memang sudah latah dari sananya lantas apa kata para bapak - bapak sama saya : itu memang sudah kebiasaan sebagaian nenek moyangnya dulu yang hingga sekarang generasinya masih terus bermunculan terutama didaerah pedesaan. Ada lagi sebagian orang yang tidak suka mendengar bahasa Ba'a Ra Base mengatakan bahwa itu adalah budaya Kera,dan juga beberapa ustad mengatakan Ba'a Ra Base juga merupakan budaya monyet.
Saya Ingin bersimulasi Sedikit :
Kalau saya perhatikan dan memilah satu-satu beberapa pandangan yang saya dapatkan dari ujung sape sampai ujung kenangan(Pekat) saya selalu berjumpa dan menemukan orang suka dengan Ba'a Ra Base dan sepanjang jalur itu juga saya selalu menemukan dan terpanggil untuk memperhatikan perilaku monyet. Ada semacam kedekatan Emosi dengan Kerabat tersebut,pada sa'at saya memberikan sebuah bungkusan makanan kepada monyet yang satu lalu monyet yang lain pada datang berkerumun dan memperebutkan makanan tersebut dengan sambil berteriak dan berkelahi bahkan ada yang terluka di gigit temannya tapi yang anehnya monyet yang tergigit tadi terus meraung dan berteriak seperti orang yang mengomel dan menggerutu diatas pohon dan sambil mengoyangkan batang pohon tempat dia duduk menggerutu,ada semacam rasa tidak terima terhadap perlakuan temannya yang menggigit tadi. Begitu juga orang-orang yang ada sekitar itu ketika mereka berkelahi dan sambil bungu randa honggo masing-masing mencari celah supaya tangan-tangannya dapat melepaskan rambutnya dari cengkeram ketika mereka sudah saling melepaskan rambutnya dan lalu menjauh mereka masih mengomel dan berteriak menggerutu layaknya monyet tadi,istilahnya lebih trend di kenal dengan nama "Ba'a Ra Base" sampai mereka saling menjauh dan sampai tak terdengar lagi suara masing-masing, meskipun sudah menjauh tidak saling mendengar tetapi saya melihat orang tersebut masih saja mengomel dan mencela musuhnya tadi.
Dengan rasa penasaran atas hasil temuan saya dibeberapa tempat tersebut saya ingin mendapatkan kesama'an apakah ada orang lain punya pandangan sama dengan saya dan kemudian Saya mencari referensi, dibuku,dimajalah-majalah bahkan sampai alam mayadalam sekian hari akhirnya saya menemukan referensi itu. Seorang ilmuwan kondang yang bernama Charles Darwin yang terkenal dengan teori EVOLOSI nya dia mengatakan "Bahwa Manusia adalah berasal dari Kera". Teori Darwin Ini ada kesamaan dengan apa yang saya temukan disepanjang perjalanan dari ujung sape sampai ujung Pekat apalagi para ustad bersama dengan orang yang tidak suka dengan Ba'a Ra Base" juga mengatakan demikian.
Apa yang dapat anda katakan dengan Simulasi singkat saya...??? Kalau saya dengan hasil simulasi tersebut sayapun setuju sebagiannya saja yaitu bahwa "Ba'a Ra Base" adalah budaya "Kera" dan saya belum bisa mengatakan orang-orang tersebut apa kera atau bukan tetapi adanya kesama'an kelakuan dan sifat serta perilaku ada kemungkinan besar bahwa nenek moyangnya dulu adalah memang berasal dari "Kera".
Ada semacam kerancuan akibat dari teori itu akan hal keberadaan orang tersebut adalah nenek moyangnya kera, tetapi kalau menurut saya hematnya bila tidak ingin dikatakan nenek moyangnya "KERA" cobalah untuk merubah dan membuang kebiasaan itu karena sebenar saya belum mendengar soal "Ba'a Ra Base" dalam sejarah Bima Dompu awal mulanya datang dari mana....kalau ada yang tau tolong kasih info saya ya!!! supaya saya bisa menuntaskan masalah ini dimana saya bisa dapat sejarah "Ba'a Ra Base".
Thanks for All

0 komentar: