Senin, 16 Mei 2011

0

Ta Roa Wura

Posted in
Sudah lama masalah ini selalu terjadi,masyarakat kita belum bisa melihat peluang ini yaitu kosongnya ikan di masa bulan purnama atau Ta Roa Wura dalam sebuah catatan kecil seblumnya pernah saya tulis bahwa konsumsi ikan untuk masyarakat kabupaten Dompu bisa mencapai tujuh ton sehari dengan berasumsi hanya 10% saja dari 150 ribu rumah tangga dimasyarakat Dompu yang hanya bisa beli ikan,Diasumsikan pembelian sekitar harga hanya rp 5000/kg kita sudah dapat menghitung uang yang akan dibelanjakan dibeberapa pasar yang ada atas dasar kebutuhan. Suplay ikan yang hanya mengandalkan hasil tangkapan dari para nelayan, untuk memenuhi setiap harinya kebutuhan masyarakat itu hal yang tidak mungkin dikarenakan beberapa permasalahan rutin setiap bulan seperti Ta Roa Wura(Terang Bulan) sudah pasti ada dan yang kedua masalah yang tidak rutin angi bara(Angin Kencang),galo na'e(Gelombang besar dsbnya.
kita hitung saja masalah yang pasti saja seperti taroa wura(Terang Bulan),biasa masalah ini akan terjadi antara 6 hari s/d 8 hari dan selama itu nelayan tidak pergi menangkap ikan.
Berarti uang yang siap dibelanjakn untuk beli ikan yang tertunda adalah 150rb rumah tangga X 10% X rp 5000 X 7h = Rp 52,5 jt.artinya setiap hari ada Rp 7,5 jt yang siap dibelanjakan untuk kebutuhan akan ikan. inilah yang saya namakan peluang pasar.
Sekarang pasar sudah kita tahu yang akan menjadi pertanyaan adalah Adakah ikan nya dari mana mendapatkannya??? saya akan menjawabnya adalah ikannya ada. Caranya :
1.Optimalkan Hasil Tambak
2.Masyarakat harus mulai buat kolam ikan rumahan atau kolam ikan dipekarangan rumah
3.Masyarakat harus mulai belajar buat karamba. Bendungan penampungan air yang berasal dari mata air kita punya,kemudian penampungan air dari air hujan cukup banyak semua bisa dipergunakan,semua sudah tersedia sebenarnya tinggal masyarakatnya
"MAU ATAU TIDAK,PAHAM ATAU MENGERTI" sangatlah tergantung pada masyarakat menangkap peluang pasar yang ada,Kemajuan suatu usaha dan bisnis sangat bergantung pada keadaan pasar,apa yang dibutuhkan masyarakat dompu saat itu dan kedepannya dan yang harus menjadi tolak ukur untuk kemajuan sebuah pola pikir dalam dalam menentukan langkah bisnis anda.
Faktor tehnis memang banyak menjadi kendala bukan berarti dijadikan sebuah alasan untuk anda tidak memulainya pakar perikanan yang banyak menganggur atau yang sedang bertugas di kab,Dompu cukup banyak adalah hal yang mustahil kalau mereka tidak bisa membantu atau justru melemahkan semangat masyarakat,tugas mereka adalah mendorong kemajuan di masyarakat akar lebih berkembang dan mempunyai penghasilan yang lebih dibidangnya seperti ketersediaan ikan di Pasar Dompu.
Faktor X seperti pencurian dan kena racun itu adalah sangat tergantung pada rasa kebersamaan masyarakat petani ikan,bisa dilakukan dengan swakarsa atau swadaya dsb yang utama alat keamanan sudah disediakan seprti post penjagaan,lampu penerangan, pemberitahuan2 yang melarang dan lebih kepada pengawasan dan kontrol.
JANGAN MENUNDA SEBUAH KESUKSESAN DENGAN ALASAN - ALASAN KARENA ITU ADALAH KELEMAHAN DIRI ANDA.
Semua orang ingin Free Finance di masa tuanya, mulailah diwaktu muda.
SELAMAT MENCOBA.
@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@
penulis :
tiada harta yang dapat saya bagi kecuali ilmu yang berguna

0 komentar: